Kepala Sekolah Mengikuti Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Peningkatan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Serta Rapat Koordinasi LSP di Hotel Louis Kinne Resort Senggigi

Kepala Sekolah Mengikuti Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Peningkatan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Serta Rapat Koordinasi LSP di Hotel Louis Kinne Resort Senggigi

Kepala SMKN  1 Praya Tengah Rias Sandi Miswardani, S.E. bersama 100 Kepala SMK Se-NTB mengikuti workshop Implementasi Kurikulum Meredeka dalam peningkatan Literasi dan Numerasi Peserta Didik dan Rapat Kordinasi LSP di Hotel Louis Kinne Resort Senggigi, untuk memastikan penyelenggaran Pendidikan yang bermutu di SMK. Tentu kelebihan dari kegiatan ini adalah Kepala sekolah di pencerahan terkait bagaimana meningkatkan peforma kerja, memenuhi capaian-capaian program yang selaras dengan kebijakan Dikbud NTB dalam memajukan Pendidikan di NTB, dalam kegiatan tersebut di bahas terkait 6 Prorgam SMK yang harus di tuntaskan  yakni meminimalkan angka Drop Out di Sekolah, bisa meraih akreditasi sekolah minimal B,  informasi keteserapan siswa di dunia kerja, semangat wirausaha siswa dan berkelanjutan pendidikannya. Maka setiap sekolah di harapkan target ini bisa tuntas tahun ini. Dan informasi lainnya terkait dengan data sekolah dalam pelaksanaan uji kompetensi menggunakan LSP-P1 sebagai bagian yang harus di laksanakan sekolah minimal 1 (satu) konsentrasi keahlian.

Satu hal yang tidak kalah penting dalam workshop tersebut adalah bagaimana menyelaraskan RKAS sekolah dengan Rapor Pendidikan di sekolah masing – masing yang menjadi acuan dalam menentukan kegiatan dan peningkatan apa yang harus di support dalam pendanaan pada tahun tersebut berdasarkan rapor Pendidikan yang dalam bahasa sekarang Menyusun PBD (Perencanaan Berbasis Data).

Dalam workshop tersebut Pak Kadis DIKBUD NTB juga menghimbau agar target target Dikbud NTB harus di atensi dan selaraskan dengan program-program sekolah agar berkesinambungan dan saling menjaga irama agar target Pendidikan NTB semakin meningkat, salah satu target Kepala Dinas adalah membentuk sekolah SMK Terbuka untuk menekan angka putus sekolah Di mana sebagai dasar penentuan lokasi SMK Terbuka adalah lingkungan sekolah yang berdekatan dengan UMKM industri kecil yang kebanyakan para pekerjanya banyak yang putus sekolah. Dengan kondisi lingkungan itu maka perlu adanya trobosan untuk menggandeng para pekerja muda tapi tidak sekolah untuk mendapatkan ijazah minimal SMA, SMK denag wajib mengikuti SMK terbuka.

Terakhir dan dalam workshop tersebut membahas tentang pelaksanaan menyambut even besar yakni LKS (Lomba Kompetensi Siswa) Tingkat Nasional yang akan di selenggarakan sekitar bulan agustus di Bengkulu, maka SMK NTB juga akan ikut ambil bagian dari berbagai mata lomba dengan system penunjukan per kabupaten berdasarkan hasil musyawarah bersama agar kegiatan persiapan Bersama BOE malang akan bisa di koordinasikan lebih mendalam dengan target NTB dapat juara pada even tersebut di tahun 2024 ini.