Pada hari Selasa, 30 April 2024, tim pengelola perpustakaan dari SMK Negeri 1 Alas, Kabupaten Sumbawa, melakukan kunjungan ‘Studi Tiru’ ke Perpustakaan Sapta Pustaka di SMK Negeri 1 PRAYA TENGAH, Kabupaten Lombok Tengah. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka mempelajari praktik terbaik dalam pengelolaan perpustakaan, khususnya karena Perpustakaan Sapta Pustaka telah diakui sebagai Perpustakaan Sekolah Rujukan Nasional.
Dalam kunjungan ini, tim pengelola perpustakaan dari SMK Negeri 1 Alas disambut hangat oleh staf dan pengelola Perpustakaan Sapta Pustaka. Mereka diberikan kesempatan untuk mengamati secara langsung berbagai kegiatan dan sistem yang telah diterapkan di perpustakaan tersebut.
Kepala perpustakaan SMK Negeri 1 Alas, kunjungan ini sangat berharga bagi mereka. “Kami sangat antusias untuk belajar dari pengalaman Perpustakaan Sapta Pustaka sebagai salah satu perpustakaan rujukan nasional. Kami ingin meningkatkan kualitas layanan dan koleksi perpustakaan kami, dan kami yakin kunjungan ini akan memberikan banyak wawasan dan inspirasi,” ujarnya.
Selama kunjungan, tim pengelola perpustakaan dari SMK Negeri 1 Alas diajak untuk mengamati proses manajemen koleksi, layanan kepada pengguna, serta program-program literasi yang telah berhasil dilaksanakan di Perpustakaan Sapta Pustaka. Mereka juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan pengelola perpustakaan serta staf terkait.
Sementara itu, Muhammad Fadli Afandi, Kepala Perpustakaan Sapta Pustaka, menyambut baik kunjungan ini sebagai bentuk kolaborasi antar sekolah untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. “Kami senang dapat berbagi praktik terbaik kami dengan sekolah lain. Semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pengelola perpustakaan SMK Negeri 1 Alas dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan mereka,” tuturnya.
Kunjungan ‘Studi Tiru’ ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk memperkuat jaringan kolaborasi antar perpustakaan sekolah di wilayah Sumbawa dan Lombok Tengah. Dengan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, diharapkan kualitas layanan perpustakaan di kedua sekolah tersebut dapat terus meningkat, memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa dan komunitas pendidikan di daerah tersebut.