Profil SMKN 1 Praya Tengah Tahun 2024

Profil SMKN 1 Praya Tengah Tahun 2024

SMK Negeri 1 Praya Tengah merupakan sekolah menengah kejuruan bisnis dan manajemen paling bergengsi di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

SMK Negeri 1 Praya Tengah dahulu bernama SMEA, Sekolah Menengah Ekonomi Atas Praya, didirikan sejak tahun 1969 yang berlokasi di Praya.

Terwujudnya tamatan yang Beriman, Bertaqwa, Berkompeten, Produktif dan Kompetitif adalah visi dari SMK Negeri 1 Praya Tengah.

Memiliki 6 Kompetensi Keahlian yang siap bersaing di dunia usaha dan dunia industri, antara lain Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Manajemen Perkantoran, Bisnis Ritel, Akuntansi, dan Layanan Perbankan.

Literasi adalah kegiatan rutin yang dilakukan siswa-siswi SMK Negeri 1 Praya Tengah sebelum pembelajaran dimulai yang bertujuan untuk meningkatkan pengetauan serta wawasan diri. Proses belajar mengajar juga sangat efektif dan efisien dan menyenangkan karena difasilitasi dengan teknologi, serta didampingi oleh guru-guru yang ramah, menyenangkan, dan tentunya kompeten pada bidang yang diajarkan.

SMK Negeri 1 Praya Tengah memiliki ekstra kurikuler terbanyak di sekolah lain yang menunjang minat dan bakat siswa. Ada 27 Ekstra kurikuler menarik, antara lain :

  1. Marching Band,
  2. Gendang Beleq,
  3. SAPTA MEDIA
  4. Multimedia Community,
  5. IT-Software Solution for Business,
  6. Web Technology,
  7. Cloud Computing,
  8. Desain Grafis,
  9. Marawis,
  10. Remaja Mushalla,
  11. Tahfiz Al-Qur’an,
  12. Tilawatil Qur’an
  13. Pramuka,
  14. PMR,
  15. Latihan Dasar Kepemimpinan,
  16. Paskibra,
  17. Debat Bahasa Indonesia
  18. Debat Bahasa Inggris,
  19. Jurnalistik,
  20. Basket,
  21. Futsal,
  22. Badminton,
  23. Volly
  24. Silat,
  25. Taek Wondo
  26. Karate
  27. Karate,
  28. Tari
  29. Teater

SMK Negeri 1 Praya Tengah juga meraih segudang prestasi dari berbagai macam lini, seperti bidang akademisi, olahraga dan sebagainya.

Berbagai fasilitas menarik sebagai penunjang kegiatan sekolah, antara lain lab komputer, lab model kantor, lab akuntansi, Studio Siaran Berita SAPTA MEDIA, Perpustakaan Digital, business center yang terdiri dari Aislah Sapta BC dan Sapta Photo Studio, Lembaga Sertifikasi Profesi P1, Mushalla, taman, Usaha Kesehatan Sekolah atau UKS, lapangan basket, futsal dan volly.

Selain itu, SMK Negeri 1 Praya Tengah juga sigap dan tangguh ketika menghadapi bencana, seperti gempa, banjir, dan lain-lain, karena telah memiliki tim khusus penanganan bencana serta warga sekolah yang telah teredukasi.

Mari wujudkan impian bersama SMK NEGERI 1 PRAYA TENGAH.

SMK BISA!